Kamis, 08 Januari 2015

MENGGALI KARAKTER DIRI DALAM BERMUSIK

(BAGIAN 1)
Hal2 yg berkaitan dengan memunculkan JATI DIRI diantaranya :
1. Karakter diri yang kuat yg muncul dari dalam diri lewat permainan gitar.
2. Karakter itu bisa muncul dengan sendirinya jika diri ini sering experimen, membuat sesuatu yg baru, membuat lick sendiri, mengolah lick dan skala sendiri, mengaransir sendiri, mengolah dinamik dan expresi.. serta terus berpikir untuk menciptakan kreasi hasil dari olah pikir dan rasa.
3. Meniru dan menghapal musiknya orang lain hanya sebatas pembelajaran dan perbandingan juga menghargai karya oran lain.
4. Menyadari bahwa manusia diciptakan beda antara satu dengan yg lain.
5. Menyakinkan diri bawah diri ini ditaqdirkan untuk mampu menciptakan sesuatu yg mandiri..
6. Meyakinkan diri bahwa diri ini mampu berbuat sesuatu yg indah dan bermanfaat bagi orang lain.
7. Apa yg sering kita lakukan (latihkan dan pikirkan) akan menjadi jejak yg tidak bisa ditiru oleh orang lain. Sama halnya dengan sifat2 dasar bawaan yang kita miliki.
8. Sangat membenci hal2 yg berkaitan kepalsuan, plagiat dan hal2 yg membohongi diri sendiri juga orang lain.
9. Memberdayakan "pengaruh" orang lain sebagai bahan dasar untuk menciptakan kreasi & warna yg baru..
10. Berkarya secara alamiah, tidak dipaksakan dan tidak ditujukan untuk tujuan yg bisa mengotori kemurnian jati diri. Karya alamiah akan muncul dengan sendirinya seperti halnya prilaku anak2 yg lugu. Ia tidak bermaksud melucu tetapi orang yg melihat akan tersenyum lucu melihat tingkah anak yg lugu dan alamiah yg didalam nya tidak tersirat keinginan agar orang lain gemes dan tersenyum kepadanya.
11. Karakter yg muncul itu sebenarnya tidak dicari2 apalagi dengan sengaja membuat karakter yg baru untuk tujuan sensasional atau hal2 yg sifatnya komersil atau mengejar prestis.. Hal ini sudah keluar dari sifat2 alamiah.. Karena, karakter itu muncul hasil dari proses pelatihan, berpikir dan pengalaman hidup baik suka maupun duka.. Karakter itu akan sebanding dengan batas2 kemampuan..
Semoga bermanfaat...
BERSAMBUNG....

Ilmu ini saya dapat dari Mas Wawan Darmawan Seorang Seniman Yang hebat dimata saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar